This is one example of unique Indonesian unique craft that must be in the early sequence. Because naturally if the business of batik handicraft already known to foreign countries.

Seeing the motive filled with crowded and beautiful, batik gives a fresh element, charming, and also berwibawah. You can see kok through various world figures who wear batik. They are seen to show the figure of authority.

Business opportunities batik handicraft has long been known for containing different philosophies in each region. Different motifs, different regions, also different philosophy.

So, the pattern and philosophy that make batik has great potential to be a business opportunity to hand crafted overseas. Its shades and philosophy really give a special attraction in the international market. Because today people wear batik will look fashionable.

Although now in making this unique handicraft can use printing or machine, but not affect the batik enthusiasts become quiet. Precisely batik will always loved local and foreign people, because the guaranteed results are better.

batik memang identik dengan Jawa. Asal-usul namanya pun “njawani”. Batik berasal dari kata amba dan tik. Amba berarti menulis, tik adalah titik. Walhasil, batik disebut juga sebagai proses menerakan titik-titik malam atau lilin ke atas sehelai kain.

Secara umum, canting, kuas, atau cap merupakan sarana yang digunakan untuk membubuhkan malam. Cara pembuatan batik Sumatera pun mengikuti kaidah ini. “Perbedaan batik Sumatera dengan batik Jawa yang mendasar adalah corak dan pewarnaan. Batik Sumatera kurang begitu populer karena tidak dipakai sehari-hari,” kata Titiek Djoko Sumaryono, Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Promosi Yayasan Batik Indonesia.

Read More

Seni Batik di Pulau Dewata, Bali ini bisa dikatakan muda karena masih baru dikembangkan baru-baru ini. Tetapi semakin hari semakin terlihat sebuah perkembangan yang cukup signifikan terutama pada industri batik Bali.

Hal ini dikarenakan masyarakat pulau Bali sangat kental akan budaya sehingga sangat mudah untuk membuat motif untuk batik terutama motif lokal dari Bali yang sangat khas. Biasanya motif batik ini digunakan juga dalam baju batik dalam proses upacara adat di Bali.

Belum lagi pulau Bali yang merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang paling diminati membuat masyarakatnya lebih cepat berpikir kreatif untuk menarik para wisatawan terutama dalam hal budaya Batik ini.

Mutu dari batik Bali juga sangat tinggi yang merupakan pencampuran dari bahan pewarna alam dan pembuatan orisinil langsung dengan tangan orang-orang pengrajin Bali. Dengan dipadukan desain motif Batik Bali yang khas tersebut membuat harga Batik Bali menjadi cukup mahal dan bersaing.

Read More

Di balik proses pembuatan yang rumit dan serangkaian ritual khusus, batik juga mengandung filosofi tinggi yang terungkap melalui motifnya. Hal ini terkait dengan sejarah penciptaan motif batik yang biasanya diciptakan oleh sinuwun, permaisuri atau putri-putri kraton yang semuanya mengandung falsafah hidup tersendiri bagi para pemakainya.

Kita akan membicarakan tentang perbedaan batik dari berbagai daerah penghasil batik, atau ciri khas batik dari masing-masing daerahnya. Tidak semua jenis batik akan dibahas disini, karena sebenarnya ada beberapa daerah penghasil batik. Tapi justru kita warga Indonesia tidak begitu tahu bahwa daerah tersebut adalah termasuk penghasil batik, karena biasanya konsumen mereka adalah turis-turis asing yang singgah di daerah tersebut.

Read More

Madura tidak hanya sekadar dikenal dengan kegiatan karapan sapinya namun anda juga harus mengetahui keindahan yang penuh warna yaitu batik madura yang memiliki esensi seni bercita rasa unggul. Batik Madura merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang kini mulai banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia karena ragam motif batik tulis yang dimiliki batik madura.

Sejarah batik Madura tidak terlepas dari peran kerajaan Pamelingan di Pamekasan, Madura. Kerajaan Pamelingan memiliki keraton bernama mandilaras yang menjadi pusat pemerintahan pada saat itu di bawah kendali Pangeran Ronggosukowati.

Read More

Batik kalimantan pertama kali dibuat tatkala Patih Lambung Mangkurat bertapa selama 40 hari 40 malam di atas rakit balarut banyu. Menjelang akhir tapanya, rakit tersebut tiba di daerah Rantau Kota Bagantung. Tiba-tiba, dari seonggok buih di hadapannya, terdengar suara seorang wanita. Wanita yang kemudian dipastikan sebagai Putri Junjung Buih, yang kelak menjadi Raja di Banua ini.
Namun, sang Putri baru akan muncul ke permukaan jika syarat-syarat yang diminta dipenuhi yaitu sebuah Istana Batung beserta dengan kain yang harus selesai dibuat dalam satu hari. Kain itu pun bukan kain sembarangan melainkan kain yang ditenun dan dicalap (diwarnai) oleh 40 orang putri dengan motif wadi atau padiwaringin. Dari situlah Kain Calapan/Sasirangan atau batik kalimantanpertama kali dibuat.

Read More

Batik khas Papua dikenal dengan warna-warnanya yang cerah. Padahal, selama ini batik selalu identik dengan warna yang kalem dan cenderung gelap. Namun, hal ini sepertinya tidak berlaku untuk batik khas Papua ini karena warna-warna yang digunakan adalah warna cerah serperti merah, hijau, dan kuning. Dari segi motif, Anda akan menjumpai kebanyakan batik-batik tersebut menggunakan corak panel, burung cenderawasih, motif khas suku Asmat dan orang papua. Selain itu, kain yang digunakan juga memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan. Namun, jika dibandingkan dengan kain batik pada umumnya, batik dari Papua harganya cenderung lebih mahal.

Jika pada batik Jogja dan Solo motif pada kain batiknya dibuat simetris, batik dari Papua justru berlawanan. Perpaduan antara motif etnik khas Papua yang seringkali asimetris dengan warna-warna cerah membuat batik ini terlihat lebih unik dan eksotis. Kain batik yang paling bagus dan paling halus adalah yang menggunakan bahan sutra. Namun bahan ini tentu lebih mahal daripada bahan-bahan kain batik lainnya. Salah satu motif unik pada batik khas Papua adalah motif kamoro. Ini merupakan simbol patung berdiri. Sementara itu motif asmat adalah simbol patung kayu khas suku Asmat. Sedangkan motif Sentani memiliki ciri-ciri gambar alur batang kayu yang dibuat melingkar-lingkar dengan kombinasi dua warna atau hanya menggunakan satu warna.

Read More

Batik bisa disebut produk asli Indonesia, bila ditilik bahwa produk kain yang mengalami proses celup rintang atau proses menahan warna ini dikenal sejak abad ke V di Tanah Toraja. Dimana pada teknik menghias dengan menahan warna pada batik yang dikenal saat ini adalah dengan menggunakan lilin malam. Proses celup rintang atau menahan warna, adalah proses pelukisan di atas kain menggunakan lilin malam sebagai perintang atau penahan warna pada saat kain dicelupkan pada cairan berwarna.

Batik tak hanya dimiliki oleh orang Jawa, orang Sulawesi juga memiliki motif batik yang beraneka ragam. Sebagai contoh, batik Sulawesi Selatan memiliki motif-motif seperti Toraja, Bugis dan Makassar. Batik Sulawesi Selatan umumnya menggunakan teknik pembuatan yang sama dengan batik Jawa, namun tetap memiliki kekhasan sendiri.

Read More


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *